RSUD Grati Pembentukan Si Pinter Sakti dan Lakukan Deteksi Kanker Serviks serta Payudara


Pasuruan - Merdekanews.id, Pada 2 September 2024, telah dilaksanakan "Pertemuan Pembentukan  Paguyuban Si Pinter Sakti RSUD Grati Kabupaten Pasuruan. Acara ini dibuka oleh Ibu Direktur RSUD Grati, drg. Dyah Retno Lestari, M.Kes, serta dihadiri oleh Ibu Camat Grati dan Kasie P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan.
turut hadir juga Pemegang  Program TB Puskesmas jejaring, kader kesehatan dan pasien-pasien TB. 
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan dukungan antar pasien TB melalui program inovasi Si Pinter Sakti.

Rangkaian kegiatan meliputi: Senam Latihan Pernafasan. Pemeriksaan Kesehatan, Skrining Gizi, Skrining PHBS, dan pemeriksaan Laboratorium. Perkenalan antar anggota dan penyampaian materi TB bersama dr. Ratih, Spesialis Paru. Pemberian nutrisi protein untuk pasien yang sesuai kriteria pemberian protein. Pembentukan Ketua Paguyuban Si Pinter Sakti. Penutupan acara

Melalui paguyuban ini, kita berharap pasien TB dapat saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain untuk menjalani pengobatan dengan lebih semangat dan berhasil mencapai kesembuhan total. Tetap semangat dan bersama-sama kita wujudkan Pasuruan bebas TB.

Tema tersebut sengaja diambil, sebab pasca kegiatan tersebut, PKK dibantu oleh RSUD Bangil dan RSUD Grati akan menggelar screening selama 10 hari sejak 4-14 september 2024.

Nantinya, jikalau terdapat hasil USG yang mengarah pada kanker, maka petugas akan melakukan screening lanjutan dengan alat mammografi di RSUD Bangil sampai diketahui hasil akhirnya.

"Hasilnya nanti akan dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah umum di RSUD Bangil maupun RSUD Grati," singkatnya.

Sementara itu, Pj Bupati Andriyanto mengapresiasi ide PKK yang bersinergi dengan RSUD Bangil dan RSUD Grati. Khususnya dalam memberikan pemahaman akan pentingnya deteksi dini terhadap Kanker Payudara dan Serviks. Muhammad

Post a Comment

0 Comments