Polisi Ketok, Jalin Keakraban Polisi dengan Warga Pasrujambe


 Lumajang, Merdekanews.id Dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Polsek Pasrujambe secara rutin melaksanakan program "Polisi Ketok". Program ini merupakan inisiatif Kapolres Lumajang yang bertujuan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Beberapa hari yg lalu  Polsek Pasrujambe kembali menggelar kegiatan "Polisi Ketok" dengan melakukan patroli dialogis di Dusun Munggir, Desa Pasrujambe. 

Kegiatan ini melibatkan langsung anggota Polsek Pasrujambe, yaitu Aipda Endra Asmara dan Bripka Masngudi Tri A.

Kapolsek Pasrujambe, Iptu Purwaningsih, saat dikonfirmasi mengenai kegiatan ini menjelaskan, "Program 'Polisi Ketok' ini sangat efektif untuk membangun komunikasi yang baik antara Polri dan masyarakat. 

"Dengan cara bertatap muka langsung, 
kami bisa memberikan himbauan kamtibmas secara langsung dan mendengarkan aspirasi dari warga," Tuturnya. 

Selama kegiatan patroli dialogis, anggota Polsek Pasrujambe menyambangi warga dan berbincang santai. Selain memberikan himbauan terkait keamanan lingkungan, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk menampung segala informasi atau keluhan dari masyarakat.

"Kami berharap dengan kegiatan seperti ini, masyarakat merasa lebih aman dan nyaman. Selain itu, kami juga ingin mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam menjaga keamanan lingkungan," tambah Iptu Purwaningsih.

Ia menjelaskan, Kegiatan "Polisi Ketok" yang dilaksanakan Polsek Pasrujambe berhasil mencapai beberapa tujuan, antara lain Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kamtibmas. Melalui dialog langsung, warga diberikan pemahaman tentang berbagai bentuk gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi serta cara mengantisipasinya.

Serta mendekatkan Polri dengan masyarakat. Kegiatan ini membuat masyarakat merasa lebih dekat dengan polisi dan tidak ragu untuk menyampaikan informasi atau meminta bantuan jika diperlukan.

"Menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Dengan adanya kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya.
Tanggapan Masyarakat," Pungkas Iptu Purwaningsih. 

Salah seorang warga Dusun Munggir Suparno, menyambut positif kegiatan "Polisi Ketok" ini. 

"Kami merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Polisi jadi lebih mudah dijangkau dan kita bisa menyampaikan keluhan secara langsung," ujarnya.

Post a Comment

0 Comments