Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Juara Lomba Tingkat Provinsi


Pasuruan - Merdekanews.id, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan bersinergi dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) rutin menggelar kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). Kampanye ini terbukti sukses melihat data angka konsumsi ikan terus naik setiap tahunnya.

KEPALA Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alfi Khasanah mengatakan, program Gemarikan memberikan kontribusi dan dukungan untuk penurunan stunting di Kabupaten Pasuruan dan peningkatan gizi keluarga. Tahun ini kampanye Gemarikan digelar di 12 titik lokasi yang menjadi lokus penanganan stunting.

Kampanye Gemarikan ini mengambil peran proaktif dalam peningkatan angka konsumsi ikan. Serta memberikan edukasi cara membuat kudapan dengan bahan berbasis ikan dan membagikan produk olahan ikan kepada peserta yang merupakan keluarga berisiko stunting, ibu hamil dan calon pengantin,” terangnya.

Kampanye Gemarikan yang sudah berjalan dari tahun ke tahun cukup sukses meningkatkan konsumsi ikan. Ini terlihat dari data konsumsi ikan tiap tahun selalu ada peningkatan (lihat grafis). Tahun 2022 lalu konsumsi ikan masih terhitung 56,4 per kilogram per kapita dalam setahun. Tahun 2023 kemarin meningkat menjadi 59,03 per kilogram per kapita setahunnya.

Dalam kampanye gemar ikan, TP PKK Kabupaten Pasuruan juga menyabet juara Lomba Masak Ikan (LMI) yang digelar TP PK Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pasuruan meraih juara favorit lewat kreasi menu balita dengan bahan baku ikan tuna. “kegiatan Lomba Masak Menu Ikan merupakan salah satu implementasi Gemarikan” tambahnya. Muhammad

Post a Comment

0 Comments