Pemerintah Kabupaten Pasuruan: Literasi dan Inklusi Keuangan Petani Milenial


Pasuruan - Merdekanews.id, Pasca diraihnya penghargaan Financial Literacy Award 2024 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Kamis (22/8/2024), Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat. Utamanya menyasar kepada petani milenial yang selama ini mendapatkan pendampingan melalui program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS).


Adalah TERANG TANI, Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Untuk Petani, diantara program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Pasuruan yang berhasil mengantarkan capaian penghargaan prestisus tersebut. Praktis, penerimaan apresiasi yang dihelat di Jiexpo Convention Centre and Theatre, Jakarta pada hari Kamis (22/8/2024) tersebut menjadi spirit dan motivasi tersendiri dalam memaksimalkan peningkatan literasi dan inklusi keuangan secara masif dan merata di Kabupaten Pasuruan.

Dalam aplikasinya di lapangan, TPAKD Kabupaten Pasuruan secara intens melakukan kegiatan edukasi kepada khalayak. Berkolaborasi dengan OJK Malang dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya, kegiatan ditargetkan mampu meningkatkan literasi para petani milenial yang sebelumnya less literate atau not literate menjadi well literate.


Di sisi lain, program literasi dan inklusi keuangan TERANG TANI diharapkan membuka akses keuangan untuk para petani milenial. Sekaligus mewujudkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian yang mandiri dan bebas dari rentenir.



"Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersama dunia usaha dan stakeholders lainnya akan terus memberikan dukungan penuh kepada para petani milenial. Khususnya yang berada di wilayah pedesaan untuk mengembangkan perekonomian melalui kewirausahaan dan menambah peluang kerja. Sehingga ke depannya akan semakin berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan," urai Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto.

"Maturnuwun dukungan Pemkab Pasuruan kepada saya dan teman-teman penerima bantuan dari program YESS lainnya. Harapan saya kepada generasi muda, jangan takut berusaha. Jangan takut gagal, terus mencoba. Insyaallah kita akan berhasil jadi enterpreuner muda yang sukses," tuturnya.      

Daam kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN), OJK memberikan apresiasi kepada  Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan yang terbukti mampu mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Pemerintah Kabupaten Pasuruan diganjar Financial Literacy Award 2024 berkat TERANG TANI. Program peningkatan literasi dan inklusi keuangan yang ditujukan bagi para petani milenial usia produktif yakni kisaran 17-39 tahun. Muhammad

Post a Comment

0 Comments