Pastikan Kesiapan Personel, Kapolres Lumajang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024



Lumajang , Merdekanews.id Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, S.I.K, pimpin apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024, bertempat di Alun-Alun Lumajang.

Apel gelar pasukan ini diselenggarakan untuk pemeriksaan kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan dalam pelaksanaan pengamanan pilkada serentak tahun 2024.

"Ini sebagai wujud nyata komitmen kita dalam memastikan suluruh tahapan pilkada serentak 2024 di Jatim khususnya Kab. Lumajang agar berjalan lancar, aman dan damai,” kata Kapolres Lumajang AKBP Rofik.

Pilkada tahun ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Provinsi Jawa Timur akan menyelenggarakan pesta demokrasi secara serentak dalam tahun yang sama, yaitu pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur serta pemilihan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.

Bahwa dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini, tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan.

Di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan, negative campain, serta penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. 

Dalam Operasi Mantap Praja Semeru 2024, Kapolres menuturkan, bahwa pengamanan penyelenggaraan tahapan pilkada selama 135 hari (sepanjang tahun 2024) terhitung sejak diberlakukan mulai tangal 19 agustus sampai dengan 31 desember 2024, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung dengan kegiatan penegakan hukum.

Pelaksanaan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 akan melibatkan 3.950 personel dengan rincian, 420 personel dari Polres Lumajang, 300 personel TNI dan 3.230 personel Linmas.

"Kekuatan personel ini tidak hanya akan difokuskan untuk mengamankan kantor penyelenggara pilkada seperti KPU dan Bawaslu, tetapi juga untuk patroli dan pengamanan di 1.615 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Lumajang baik TPS kurang rawan, TPS rawan dan TPS sangat rawan," jelas AKBP Rofik.

Polres Lumajang bersama Forkopimda berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai, dengan memetakan berbagai potensi kerawanan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. 

“Perkuat solidaritas dan sinergitas TNI dan Polri, jaga netralitas Polri dan TNI, kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini, gelorakan deklarasi pilkada damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada serta lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional,” pesannya.

Post a Comment

0 Comments