Antisipasi Tahanan Kabur, Kapolres Lumajang Kontrol Ruang Tahanan.


Lumajang – Polres Lumajang terus berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya, termasuk di dalam ruang tahanan. Sebagai bentuk pengawasan yang ketat, Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik, S.I.K melakukan pengecekan terhadap kondisi ruang tahanan dan para tahanan.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan beberapa hari yang lalu.
AKBP Rofik memeriksa jumlah tahanan, kondisi kesehatan mereka, serta barang-barang yang ada di dalam ruang tahanan. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang dapat membahayakan keamanan dan ketertiban.

Kapolres Lumajang melalui Kasubsi Pidm Sihumas Ipda Sugiarto, S.H mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari prosedur standar operasional. 

"Pengecekan rutin ini sangat penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti upaya melarikan diri atau gangguan keamanan lainnya," jelas Ipda Sugiarto.

Ruang dan tahanan perlu dilakukan pengecekan rutin, apakah kondisi ruang dan tahanan dalam keadaan baik serta sehat.

“Pengecekan juga dilakukan untuk memastikan tidak ada barang ataupun alat terlarang yang dapat digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Ipda Sugiarto.

Kegiatan pengecekan diawali dengan mengabsen para tahanan, memastikan dalam jumlah yang lengkap. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan tahanan dan pengecekan kondisi di dalam tahanan.

“Seluruh barang milik tahanan di cek, dipastikan tidak ada barang terlarang maupun alat yang sekiranya dapat digunakan para tahanan untuk melarikan diri,” imbuhnya.

Post a Comment

0 Comments