Polsek Pasirian Amankan Ritual Sampyong (Ojung) Sedekah Desa Nguter.


Lumajang, Merdekanews.id Polsek Pasirian melaksanakan pengamanan ritual sampyong (ojung) dalam rangka sedekah desa memperingati Tahun Baru Islam 1446 H yang diadakan di lapangan Desa Nguter.

Kegiatan ritul sampyong (ojung) tersebut diikuti oleh masyarakat desa Nguter maupun dari masyarakat desa terdekat bahkan dari wilayah kecamatan lain.

Ritual sampyong (ojung) adalah kesenian tradisional adu kekuatan satu lawan satu, dan ini sudah dibudayakan sebagai Tradisi Ritual Ruwat Desa, salah satunya di Desa Nguter.

Kapolsek Pasirian, AKP Agus Sugiharto, mengatakan bahwa kehadiran para anggota Kepolisian selain untuk mengamankan kegiatan ini juga untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

"Kami hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang melaksanakan ritual sampyong (ojung)," kata Agus.

Agus Sugiharto menambahkan bahwa selama kegiatan berlangsung, situasi aman dan terkendali, dan tidak ditemukan adanya gangguan Kamtibmas yang mengganggu kelancaran kegiatan.

"Alhamdulillah, kegiatan berlangsung aman, lancar dan terkendali. Ini berkat kerjasama dengan masyarakat dan tentunya juga penyelenggara kegiatan," pungkas Kapolsek.

Post a Comment

0 Comments