Pemerintah Kabupaten Pasuruan Miliki Stok Garam Aman Sampai Akhir Tahun



Pasuruan - Merdekanews.id, Stok garam di Kabupaten Pasuruan hingga akhir tahun ini dipastikan aman.

Hal tersebut seperti yang dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah di sela-sela kesibukannya.

Ia memastikan bahwa stok garam tersebut mencukupi kebutuhan masyarakat dan industri di wilayah Kabupaten Pasuruan. Dalam artian masih melimpah sampai saat ini, yakni 6835 kilogram.

"Hal ini dikarenakan persediaan garam dari 6 bulan terakhir masih cukup banyak. Sedangkan musim panen garam baru akan dimulai pada akhir tahun ini.

Menurut Alfi, melimpahnya stok garam ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah panen garam yang cukup besar pada tahun lalu. Dimana capaian produksi garam dari 240 hektare lahan yang ada, melampaui target dari 10,5 ribu ton dan terealisasi sebanyak 16,72 ribu ton.

"Produksi garam tahun lalu surplus, dan melebihi target yang dipatok. Targetnya 10,5 ribu ton tapi terealisasi 16,72 ribu ton," singkatnya.

Meskipun stok garam masih melimpah, Dinas Perikanan tetap mendorong para petambak garam untuk terus memproduksi garam.

Kata Alfi, musim kemarau yang panjang juga turut berkontribusi terhadap bertambahnya stok garam. Ditambah penerapan geo membran yang sudah banyak dilakukan petani garam juga diharapkan bisa memenuhi target.

Yang lebih penting adalah kualitas garam yang bagus. Sehingga layak untuk disuplai ke perusahaan-perusahaan. Apalagi pemerintah sudah memiliki washing plant yang mampu membuat kualitas garam lebih bagus, tutupnya. Muhammad

Post a Comment

0 Comments