Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Tenaga Operasi Dan Pemeliharaan.

Lumajang,Merdekanews.id
Dalam meningkatkan pelayanan maxsimal kepada masyarakat. Dinas Pekerjaan Umum & Tata Ruang ( PUTR ) Kabupaten Lumajang, menggelar bimbingan teknis (bimtek) tenaga operasi dan pemeliharaan irigasi permukaan, Selasa 30/07/2024.

Bimtek yang berlangsung di Aula Dinas Pekerjaan Umum & Tata Ruang, di buka lansung oleh Agus Siswanto, selaku Plt ( PUTR  ) Kabupaten Lumajang. 

"Agus Siswanto dalam sambutannya menyampaikan, air beserta infrastrukturnya memiliki sifat yang sangat vital.

Karena akan menentukan kualitas dan kelangsungan hidup masyarakat, pemenuhan kebutuhan pangan, keberlangsungan industri, keberlangsungan hidup biota, serta berdampak kepada perekonomian.

Kami semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat, kelompok tani maupun kelompok hippa. Untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan irigasi yang efisien dan efektif serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat petani, pengelolaan irigasi dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembagian air secara tepat waktu dan tepat jumlah,"ujarnya

“Pemerintah dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Lumajang, sesuai dengan kewenangannya, memiliki perhatian khusus dalam penyelenggaraan infrastruktur sumber daya air yang handal dan bermanfaat. 

Kita harapkan kepada teman - teman serius mengikuti bimbingan ini.Setelah menerima sertifikat,  Agar nantinya lebih profesional dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu, Hari Joko,"kabid sumber daya air menyampaikan, sejalan dengan program pemerintah dalam mencapai ketahan pangan, dibutuhkan peran berbagai sektor, yaitu sektor sumber daya air melalui pengelolaan jaringan irigasi dan pemeliharaan jaringan irigasi permukaan pada wilayah kewenangan Kabupaten Lumajang. 

Selain itu, kelayakan jaringan irigasi juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi penggunaan air irigasi. Hal itu penting, karena kinerja operasi dan pemeliharaan (OP) sistem irigasi seringkali tidak berjalan dengan baik, khususnya pada saluran tersier.

Hari Joko selaku Kepala Bidang Sumber Daya Air menambahkan bahwa sebagai petugas lapangan merupakan ujung tombak pengelolaan irigasi yang memiliki peran besar terhadap kesuksesan Daerah Irigasi masing-masing.

“Adanya pelatihan ini dapat dimanfaatkan banyak berdiskusi dengan pengajar maupun sesama peserta untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui di lapangan,” tegasnya.

Dengan demikian, Kedaulatan pangan yang digalakkan Pemerintah sangat ditentukan oleh peningkatan produksi padi. Peningkatan produksi padi sangat ditentukan oleh pengelolaan irigasi nya. Dengan pengelolaan irigasi yang baik. 

"Acara bimtek juga dihadiri, Budi Yanto, staf dari Bappeda Kabupaten Lumajang, Upt PSDA WS Bondoyudo Baru, Amkhak Sholikhin selaku (Materi Operasi Jaringan Irigasi) dan Ibu Swasti (Materi Pemeliharaan Jaringan Irigasi). beserta lima puluh enam tenaga operasi dan pemeliharaan, dari enam korwil Upt Sumber Daya Air ( PSDA ) Lumajang. 

Budiyanto, memberikan pemahaman Pengertian PSETK, informasi atau data mengenai keadaan sosial, ekonomi, teknis dan kelembagaan pengelola irigasi ( berbagai  ) untuk proses perencanaan program pemberdayaan. Adanya pelatihan ini dapat dimanfaatkan banyak berdiskusi dengan pengajar maupun sesama peserta untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui di lapangan,” tegasnya.

( Arifin )

Post a Comment

0 Comments