Tim Konselor Polres Lumajang Berikan Psikoedukasi Kepada Siswa SD

 
Lumajang, Merdekanews.id Dalam memperingati momen Hari Bhayangkara ke-78, Tim Konselor Polres Lumajang lakukan psikoedukasi kepada siswa SD yang tergabung polisi cilik Kabupaten Lumajang.

Kegiatan Psikoedukasi sosialisasi untuk mencegah bullying kepada siswa sekolah SD Kelas 3 dan 4 di Aula Indoor SMK Muhamadiyah, Kabupaten Lumajang. 

Dalam kegiatan tersebut, Tim Konselor memberikan materi tentang kesehatan mental, stress, dan cara mengendalikan stress.

Kemudian tim juga mengajak anak anak melakukan metode  butterfly hugs yakni berelukan dan tepukan), diaphragmatic breathing (pernapasan hidung dialirkan hingga keperut kmudian buang nafas melalui mulut secara perlahan) untuk mengurangi stress.

"Tim konselor juga mengajak anak melakukan permainan lempar bola dan tangkap bola untuk mengurangi stress dan menambah kepercayaan diri," Ujar Kasubsi Pidm Sihumas Polres Lumajang Ipda Sugiarto.

Selain itu melakukan permainan dengan menggandeng tangan dan berusaha menahan laju bola agar tidak sampai menyeberang ke sisi lain. 

"Hal itu dilakukan untuk mengurangi stress dan mengedukasi anak dalam meningkatkan sikap kerjasama yang baik antar anak," Lanjut Ipda Sugiarto. 

Ia menjelaskan, untuk menambah kemampuan berkomunikasi anak, meningkatkan rasa percaya diri dan menumbuhkan sikap bekerjasama yang baik, sehingga mencegah konflik terhadap anak yang memicu tindakan bullying.

"Mempertahankan kesehatan mental anak dalam kegiatannya baik di sekolah maupun di luar sekolah," Terangnya.

Tim konselor juga mengedukasi anak sehingga mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri dan mengedukasi anak untuk mau menerima dan membuka diri menyampaikan segala keluhan dalam menghadapi stress.

Post a Comment

0 Comments