Pemkab Pasuruan Responsif dan Adaptif Terhadap Dunia Pendidikan


Pasuruan , Merdekanews.id, Hadir dalam agenda Diskusi dan Silaturahmi bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Pasuruan, Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto meminta kepada seluruh anggotanya agar lebih peka dan tanggap terhadap tantangan dunia pendidikan di Kabupaten Pasuruan yang kian dinamis.

Perubahan yang begitu pesat di era revolusi industri 4.0 saat ini sudah pasti membutuhkan strategi adaptif dan kebijakan tersendiri dalam menyikapinya. Oleh karenanya, kata tenaga pendidik Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya berpembawaan enerjik tersebut, harus ada niat yang kuat dari seluruh anggota PGRI untuk berpikir memajukan transformasi pendidikan. Terlebih, berdasarkan data dari BPS Kabupaten Pasuruan saat ini diketahui bahwa angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih jauh dari angka yang diharapkan.

"Saya ingin sekali IPM kita bisa naik. Sehingga dapat bersaing dan kompetitif lagi dengan IPM Kabupaten/Kota di Jatim lainnya," katanya.

Mengacu data empiris tersebut, Pj. Bupati Andriyanto menginstruksikan kepada anggota PGRI agar lebih fokus lagi dalam mengembangkan IPM Kabupaten Pasuruan. Sekaligus meningkatkan kepekaaan terhadap isu-isu pendidikan di era disrupsi yang sangat identik dengan pesatnya perubahan dan dinamika ke depannya.

"Semua pengurus dan anggota PGRI harus selalu bersiap dengan kondisi dunia pendidikan kita yang semakin kompleks. Jadi, ayo kita lebih fokus lagi dalam meningkatkan IPM Kabupaten Pasuruan," pintanya di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Jumat (28/6/2024).

Di penghujung arahannya, Pj. Bupati Andriyanto juga berharap agar ke depannya, PGRI mampu menjadi kelompok penekan atau pressure group. Hal tersebut bertujuan agar seluruh anggota PGRI mampu memberikan usulan serta melihat fenomena yang ada pada dunia pendidikan.

"Panjenengan semuanya harus bisa menjadi pressure group untuk mengubah peraturan yang ada, melihat fenomena yang ada. Untuk meningkatkan IPM, kita perlu usulan-usulan yang sifatnya membangun," tegasnya dalam acara yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Yudha Triwidya Sasongko, Kepala Dinas Pendidikan Tri Agus Budiharto dan Ketua PGRI Kabupaten Pasuruan beserta jajarannya tersebut. Muhammad

Post a Comment

0 Comments