Ribuan Orang Serbu Durian Lumajang


Lumajang, Kabarejember.com  
---- Ribuan masyarakat menyerbu 1000 Durian Gratis di Pasar Agropolitan Seroja, Senduro, Sabtu (29/02/2020). Event bertajuk Serbu Durian Lumajang merupakan event pertama dalam Kalender Event Tahunan Kabupaten Lumajang 2020. 

Sukses mendapatkan antusiasme masyarakat, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyebutkan bahwa event ini luar biasa dan akan digelar tiap tahun agar semakin menarik minat masyarakat baik lokal maupun mancanegara datang ke Lumajang.

Bupati menjelaskan bahwa selain untuk mengenalkan produk durian Lumajang,  gelaran ini juga merupakan salah satu upaya untuk menggelar berbagai produk pertanian Lumajang, baik untuk 

produk tanaman pangan, hortikultura, peternakan maupun perkebunan, serta produk hasil olahan pertanian Kabupaten Lumajang.

"Acara ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Lumajang," jelas Bupati.

Dari data Dinas Pertanian Lumajang, produk durian Lumajang mencapai 3.923 ton per tahun atau sekitar 1,42 persen dari total Produksi Durian Jawa

Timur. Lumajang memiliki berbagai jenis varietas durian lokal
diantaranya durian kukus, durian bungkik, durian santri dan durian senja pelangi.

Namun ada varietas yang menurut Cak Thoriq spesial, yakni durian kembang yang memiliki rasa legit, pahit dan manis. Durian ini apabila dibelah ada bunga atau kembang dalam bahasa jawa. 

"Kita mengajukan durian kembang sebagai durian khas kabupaten Lumajang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo menyatakan bahwa pihaknya akan turut mempromosikan varietas durian yang ada di Lumajang. Bahkan ia juga siap membantu varietas durian lokal Lumajang bersertifikat. 

"Khusus durian dari Lumajang ini kami siap membantu untuk bersertifikat," ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga merasa takjub karena event ini dikemas dengan konsep wisata yang tentunya tidak hanya dapat dijadikan wadah promosi produk hortikultura Lumajang, tetapi juga dapat mempromosikan potensi budaya Lumajang.

"Event yang bagus sekali yang dikemas dengan destinasi wisata, saya pikir ini konsep yang menarik untuk terus ditingkatkan kedepannnya," pungkasnya.
Reporter : Suatman 

Post a Comment

0 Comments