Bupati : Pilkades Sumberejo Jalan Terus


Lumajang, Kabarejember,com 
(17 Desember 2019) -- Permasalahan terkait pelaksanaan Pilkades Sumberrejo Kecamatan Candipuro akhirnya mendapat kepastian. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML bersama Kapolres Lumajang dan Dandim 0821 Lumajang  yang datang ke desa Sumberrejo memastikan pelaksanaan Pilkades dilanjutkan setelah mendengar laporan panitia dan Forkopimca Candipuro, Rabu dini hari (18/12/2019).

"Saya bersama Kapolres dan Dandim telah musyawarah dan menelaah seluruh pertimbangan. Forkopimda telah menimbang beberapa hal berkenaan dengan pertimbangan.  Baik secara keberlangsungan pemerintahan maupun aspek hukum telah ditelaah dengan seksama," kata Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

"Saya sebagai bupati berkeputusan untuk tetap melaksanakan Pilkades di Sumberrejo," Imbuhnya.

Satu persatu, panitia dikonfirmasi langsung oleh Bupati, Kapolres dan Dandim. Seluruh panitia melaporkan kondisi persiapan terakhir. Termasuk juga kapolsek dan danramil juga ditanya kondisi di desa yang kabarnya sempat memanas.  Dilaporkan situasi desa kondusif untuk digelar Pilkades.

Didepan panitia, camat, kapolsek dan danramil, bupati menegaskan pertimbangan utama bahwa keputusan melanjutkan Pilkades Sumberejo ini untuk kepentingan umum. Pun juga untuk jalannya pemerintahan yang termaktub dalam aturan perundang-undangan dan aturan pemerintahan. Sebab, Pilkades serentak ini mengikuti prosedur pelaksanaan serentak. "Kalau tidak dilaksanakan besok, akan ikut Pilkades serentak tahun berikutnya, atau beberapa waktu akan datang. Kalau ditunda, maka akan ikut Pilkades serentak 2 tahun lagi," katanya.

Dengan begitu, konsekwensinya kata Cak Thoriq, maka akan ada kevakuman pemerintahan definitif di Sumberrejo. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap tata kelola pemerintahan yang baik.

Karena itu, sebagai kepala daerah, Cak Thoriq menegaskan, persiapan Pilkades yang sudah matang ini untuk dilanjutkan. Sekaligus mempertebal dan memprioritaskan pengamanan. "Pak Dandim juga memberikan perhatian khusus pada desa sumberrejo," ucapnya yang disanggupi Dandim.

Sementara, Camat Candipuro, Imam Chomsani mengatakan, pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo telah siap 100 %, dan sudah dinyatakan siap untuk dilaksanakan pemungutan suara sesuai dengan aturan.

"Terkait kondisi keamanan wilayah ini sudah kondusif, walaupun ada gangguan - gangguan yang disampaikan oleh calon yang tidak lolos administrasi", katanya.
Reporter : Suatman

Post a Comment

0 Comments