Kejuaraan Bupati Cup Diikuti Peserta Pelajar SMP Hingga SMA Sederajat


Lumajang, Kabarejember.com
-----Dalam rangka menggali potensi daerah sekaligus mendongkrak pretasi pencak silat di kalangan pelajar, Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggelar kejuaraan pencak silat antar pelajar.

Ajang adu beladiri yang bertitel “Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup Antar Pelajar Tingkat SMP/Mts & SMA/MA/SMK Negeri-Swasta Tahun 2019 Se-Kabupaten Lumajang” terebut akan berlangsung tanggal 20 hingga 22 Desember 2019 di GOR Wirabakti, Lumajang, Jawa Timur.

Menurut Ketua Panitia, Setyawan Purnomo, ajang tersebut dimaksudkan untuk melestarikan dan menumbuhkan kecintaan pelajar terhadap pencak silat. Pasalnya, olahraga yang satu ini merupakan budaya asli Indonesia sehingga perlu dilestarian sebagai identitas bangsa.

“Pencak silat sebagai budaya leluhur, harus kita lestarikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain untuk melestarikan budaya, kejuaran pencak silat itu juga untuk meningkatkan prestasi pencak silat di kalangan pelajar. Dengan pertandingan yang ketat itu, diharapkan lahir pesilat pelajar yang mumpuni, dan kelak mampu mengharumkan nama Lumajang.

“Tentu akan sangat membanggakan jika nanti pesilat-pesilat kita mempu berbicara di tingkat nasional, dan itu bukan hal yang mustahil,” terangnya.

Kejuaraan yang mengusung tema “Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia, Pencak Silat Menggapai Prestasi” itu, selain mempertandingkan kelas reguler, juga melombakan kelas bebas, baik untuk pelajar SMP maupun SMA sederajat. (mia/ali)

Post a Comment

0 Comments